Latest News

Flickr Images

Rabu, 30 November 2016

Benarkah Ikan Paus yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup?

Image result for benarkah ikan paus nabi ayub masih hidup

"Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya) maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: 'Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang lalim.'" (QS. al-Anbiya': 87)

kisah nabi Yunus A.S. merupakah salah satu kisah nabi yang sangat menarik. Nabi Yunus A.S. dalam mendakwahkan agama Allah SWT sudah putus asa. singkat cerita, nabi Yunus menaiki sebuah kapal ,namun di kapal itu sendiri muatannya sudah penuh sehingga harus ada orang yang dibuang ke laut. saat itu nama nabi Yunus disebut "Yunus". maka nabi Yunus pun dilemparkan ke laut. kemudian datanglah seekor ikan paus yang menelan nabi Yunus A.S. didalam perut ikan itu nabi Yunus A.S. sadar akan kesalahannya,sehingga ia pun meminta ampunan kepada Allah SWT. Nabi Yunus pun dimuntahkan oleh ikan paus itu ke pinggir pantai.

spekulasi yang terjadi pada postingan ini adalah apakah benar ikan paus yang menelan nabi Yunus A.S. masih hidup?

" (139). Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul, (140). (ingatlah) ketika ia lari, ke kapal yang penuh muatan, (141). Kemudian ia ikut berundi lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian. (142). Maka ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela. (143). Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, (144). Niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit. (145). (Q.S. Ash Shaaffaat ayat: 139-145).

berdasarkan tafsir pada ayat 145 "niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit". kalau semisal nabi Yunus A.S. tidak memohon ampun kepada Allah SWT atas kelalaian dia dalam menyampaikan kebenaran, mungkin saat ini ia masih ada di perut ikan paus itu sampai hari kiamat.

Ikan yang mirip dengan paus ini juga dijuluki dengan ikan Nun. karena Nabi Yunus saat itu pergi dengan keadaan yang marah.

“Ketika dia pergi dalam keadaan marah.” (Al-Anbiya: 87).

namun itu hanyalah spekulasi,tidak ada yang mengetahui bagaimana nasib ikan tersebut saat ini. Hanya Allah SWT yang maha mengetahui.


sumber: 
http://www.islamberkata.com/2016/11/ikan-paus-yang-menelan-nabi-yunus-masih.html
http://www.infoyunik.com/2016/11/ikan-yang-menelan-nabi-yunus-masih.html
http://www.wajibbaca.com/2016/11/ikan-paus-yang-menelan-nabi-yunus-masih.html
http://islamidiyah.blogspot.co.id/2016/11/benarkah-ikan-paus-yang-menelan-nabi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post